TEKNO

Penyebab Sinyal Handphone Ikut Tumbang Selama Listrik Padam Massal

2019-08-07 • 595 Melihat • 37 Menyukai • 26 Komentar • 70 Kuis

Pemadaman listrik massal masih jadi pembahasan hangat sampai saat ini. Pemadaman serentak dan bergilir yang terjadi pada tanggal 4 hingga 5 Agustus 2019 ini seakan menjadi misteri karena sangat membingungkan. Terutama di hari pertama yang membuat sinyal handphone pun ikut tumbang. Kira-kira, apa penyebabnya?

Image result for Base Transceiver Station (google.com

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan kalau pemadaman massal tersebut sangat berpengaruh pada Base Transceiver Station (BTS), sehingga jaringan operator seluler jadi terganggu. Meski demikian, BTS masih bisa berfungsi karena adanya Uninterruptible Power Supply (UPS) yang memberikan daya listrik cadangan, tapi jumlahnya amat sangat terbatas.

Rudiantara juga menjelaskan kalau BTS bergantung banget sama listrik, terlebih pemadaman yang terjadi memakan waktu lama. Jadi wajar kalau UPS tidak bisa diandalkan, seperti Telkomsel 25% BTS-nya terkena dampak karena hal diatas. Tapi, tidak semua jaringan seluler mati karena ada gedung, mal atau hotel yang memanfaatkan genset.

Image result for Base Transceiver Station (google.com

Makanya enggak heran kalau mall jadi lokasi incaran pertama para untuk warga mengungsi karena listrik mati. Disana juga, para pengguna smartphone bisa memanfaatkan stopkontak yang ada untuk mengisi daya gadget mereka. Jadi, sudah enggak bingung kan kenapa sinyal ikut tumbang ketika pemadaman massal terjadi?

Tulisan ini dibuat oleh tim PEWEFEED.COM dari berbagai sumber
ARTIKEL TERBARU LAINNYA