TEKNO

Inovasi Panel Surya Transparan Mengubah Jendela Rumah Menjadi Sumber Energi

2019-11-11 • 808 Melihat • 26 Menyukai • 26 Komentar • 0 Kuis

Sebuah tim peneliti Universitas Negeri Michigan akhirnya menciptakan panel surya yang bentuknya benar-benar transparan. Inovasi ini nantinya dapat segera dikonsumsi secara luas dan diaplikasikan pada jendela, panel kaca, dan bahkan atap bangunan sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan energi surya. Hingga sekarang, panel surya yang masih digunakan pada tiap-tiap bangunan cenderung buram dan umumnya sedikit berwarna. Baru-baru ini Inovasi telah beradaptasi dengan kebutuhan arsitektur yang mengeluarkan jenis panel surya baru dengan bentuk yang sangat transparan sehingga hampir tidak dapat dibedakan dengan kaca biasa.

Klaim sebelumnya tentang panel surya transparan menghasilkan bahan yang tidak valid, karena sifat material transparan menyebabkan cahaya harus melewatinya. Sel fotovoltaik yang transparan hampir tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai penyerap energi. Pada kenyataannya, panel surya menghasilkan energi dengan mengubah foton yang diserap menjadi elektron. Agar suatu materi benar-benar transparan, cahaya harus melakukan perjalanan tanpa hambatan. Artinya, foton-foton itu harus melewati material sepenuhnya tanpa diserap untuk menghasilkan tenaga surya.

Hasil gambar untuk Inovasi Panel Surya Transparan Mengubah Jendela Rumah Menjadi Sumber EnergiPanel surya/ Foto: Blogspot.com

Jadi, untuk mencapai sel surya yang benar-benar transparan, tim Negara Bagian Michigan membuat benda yang disebut konsentrator surya bercahaya transparan (TLSC). Material tersebut menggunakan garam organik untuk menyerap panjang gelombang cahaya yang saat ini tidak terlihat oleh mata manusia. Dengan menghilangkan hambatan dalam membuat sel fotovoltaik transparan, memungkinkan para ilmuwan untuk memanfaatkan kekuatan cahaya inframerah dan ultraviolet. TLSC memproyeksikan cahaya yang memiliki panjang gelombang cahaya inframerah yang dikonversi, yaitu jenis cahaya yang juga tidak terlihat oleh mata manusia. Sel surya fotovoltaik non-transparan yang lebih tradisional membingkai panel. Sel surya inilah yang mengubah cahaya inframerah sehingga terkonsentrasi menjadi listrik.

Versi panel surya semi transparan sebelumnya menghasilkan tenaga surya yang umumnya dapat melakukan penyerapan sekitar 7%. Michigan State TLSC diproyeksikan dapat mencapai efisiensi 5% lebih tinggi dengan pengujian tambahan. Meskipun efisiensi antara tujuh dan lima persen tampak rendah, rumah-rumah yang menggunakan jendela tenaga surya sepenuhnya atau bangunan yang terbuat dari bahan organik dapat menambah tenaga listrik sehingga lebih bermanfaat.

Hasil gambar untuk Inovasi Panel Surya Transparan Mengubah Jendela Rumah Menjadi Sumber EnergiPanel surya/ Foto: Wordpress.com

Para ilmuwan di tim Negara Bagian Michigan meyakini teknologi TLSC mereka dapat menjangkau bidang aplikasi industri hingga penggunaan yang lebih mudah diaplikasikan secara sederhana, seperti perangkat rumah tangga dan gadget genggam. Prioritas utama mereka dalam mengembangkan teknologi tampaknya dapat menjadikan efisiensi daya dan mempertahankan tingkat keterjangkauan yang dapat diskalakan, sehingga tenaga surya dapat terus tumbuh sebagai pemain utama di bidang energi yang terbarukan. Energi surya adalah sumber energi yang gratis dan tidak akan habis. Oleh karena itu, dengan adanya inovasi tersebut, penggunaan panel surya yang berbentuk transparan tidak hanya dapat membantu kita memperoleh sumber energi yang lebih efisien, tetapi juga memperindah bangunan.
 

Tulisan ini dibuat oleh tim PEWEFEED.COM dari berbagai sumber
ARTIKEL TERBARU LAINNYA