GADGET

Yuk! Intip Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip yang Akan Rilis

2020-01-28 • 2328 Melihat • 43 Menyukai • 35 Komentar • 61 Kuis

Tampaknya ponsel lipat atau flip phone memiliki jalan terang dalam merebut pasar konsumen dari tahun ke tahun. Setelah sempat menjadi tren besar sebelum hadirnya ponsel pintar dengan layar sentuh, masyarakat masih melirik kehadiran ponsel lipat menjelang tahun 2020.

Nyatanya, ponsel lipat memang tidak pernah benar-benar lenyap dari industri teknologi. Situs layanan jual-beli online, eBay pun sempat mempublikasikan sejumlah alasan mengapa ponsel lipat masih diminati banyak pengguna.

Berdasarkan laporan riset eBay tersebut, konsumen memilih ponsel lipat karena kebutuhan mereka untuk sekadar memakai telepon dan SMS. Pengoperasiannya juga tidak sulit. Ponsel lipat juga memiliki dua layar, di dalam dan luar.

Samsung Galaxy Z Flip/ foto: androidcommunity.com

Layar bagian luar biasanya menunjukan waktu, informasi panggilan masuk dan pesan masuk. Fungsi utama seperti menu, pesan teks, dan lain-lain dapat dioperasikan ketika membuka layar bagian dalam.

Seolah ingin merebut kembali hati konsumen pecinta ponsel lipat, Samsung kembali akan merilis produk ponsel pintar berupa flip phone ini.

Langkah Samsung memang tidak salah lagi. Berdasarkan laporan lembaga riset MM Research Institute, pengiriman ponsel lipat tumbuh 5,7 persen. Jumlah permintaan konsumen akan ponsel lipat menjadi 10.580.000 unit pada 2014.

Samsung/ foto: indozone.id

Menjelang perilisannya, ponsel lipat dari Samsung ini sempat dinamakan Galaxy Fold 2 sebagai penerus Galaxy Fold. Nama ponsel tersebut belakangan berubah menjadi Galaxy Bloom dan yang terbaru Galaxy Z Flip menjelang perilisan.

Samsung telah merencanakan acara unboxing Galaxy Z Flip yang dijadwalkan pada 11 Februari 2020, sekaligus akan secara resmi memulai debut ponsel terbarunya yaitu Galaxy S20.

Perusahaan biasanya memerlukan beberapa minggu dari jadwal rilis sebelum perangkat tersebut mulai diluncurkan di pasaran, tetapi tampaknya kemunculan Samsung Galaxy Flip Z tidak menunggu selama itu.

Jika rumornya akurat, Galaxy Z Flip juga memiliki titik harga lebih rendah dari pendahulunya yang dapat dilipat, yaitu Galaxy Fold yang diluncurkan di kisaran harga $ 1.980 atau sekitar 30,8 jutaan pada Desember yang lalu.

Samsung/ foto: futurecdn.net

Sementara ini, Samsung hanya memberi sedikit bocoran terkait spesifikasi Galaxy Z Flip. Laporan sebelumnya menyatakan, untuk bagian layar pada Galaxy Z Flip nantinya akan terlipat secara vertical.

Model tersebut mirip seperti clamshell atau telepon flip jadul, dan menggunakan layar kaca, tidak seperti layar plastik milik pendahulunya yaitu Galaxy Fold.

Dimulai dengan tampilan, Galaxy Z Flip mempunyai panel AMOLED dinamis yang dilapisi dengan Ultra Thing Glass (UTG) dan tampaknya akan menampilkan lipatan pada titik lipat.

Dengan perangkat yang dapat dilipat, teknologi UTG diharapkan akan jauh lebih tahan lama daripada bahan plastic milik Galaxy Fold. Ponsel ini juga akan dilengkapi dengan pemindai sidik jari kapasitif yang dipasang di samping.

Galaxy Z Flip juga akan hadir dengan kamera 12MP di bagian belakang yang bisa digunakan sebagai modul biasa dan ultrawide. Pengisian daya dikonfirmasi pada 15W, tetapi belum ada info lanjutan tentang kecepatan pengisiannya.

Samsung Galaxy Z Flip yang dikabarkan akan tersedia pada 14 Februari ini dibanderol dengan harga $ 1.400 atau sekirat 19 jutaan, menurut informasi dari Max Weinbach dari XDA Developers yang diumumkan pada hari Senin kemarin

Tulisan ini dibuat oleh tim PEWEFEED.COM dari berbagai sumber
ARTIKEL TERBARU LAINNYA