GADGET

Mekanisme Lensa Makro yang Dapat Menangkap Dunia Tak Terjangkau Disekitarmu

2020-01-16 • 417 Melihat • 23 Menyukai • 20 Komentar • 1 Kuis

Betapa mengagumkannya jika kamera dapat menangkap gambar dari benda-benda yang sangat kecil dengan hasil yang jernih dan tajam.

Kehidupan alamiah seperti semut dan tetesan air bahkan dapat dibidik dengan sangat dekat.

Keberadaan kamera makro mungkin sudah ada sejak lama. Tapi pernahkah kamu membayangkan bagaimana mekanisme penggunakan kamera tersebut?

Pertama kali booming beberapa tahun yang lalu, para fotografer memuji-muji hasil penggunaan kamera mikro seperti lensa Venus Optics Laowa 24mm f / 14 2x Macro Probe untuk kamera Canon, Nikon, dan Sony.

Berbeda dengan jenis kamera mikro yang lainnya, Venus Optics Laowa memiliki desain laras yang ramping dan panjang, lebih menyerupai perangkat menembak daripada yang fotografi.

Tapi ada beberapa alasan mengapa Venus Optics Laowa menjadi kamera bidik favorit untuk laras panjang.

Salah satunya, lensa makro Venus Optics Laowa dibuat untuk fotografi close-up dan hasil terbaik diperoleh ketika kaca secara fisik dekat dengan subjek.

Tetapi bentuk lensa dan kamera yang besar kadang-kadang bisa membuatnya sulit untuk menjangkau subjek bidik dengan sangat dekat.

Venus Optics Laowa/ Foto: cloudfront.net

Seperti yang disarankan oleh nama "Probe Makro", lensa Venus Optics Laowa  Optics memungkinkan penggunanya untuk langsung ke arah subjek, terlepas dari sempitnya ruang di mana fotografer bekerja.

Sementara sebagian besar lensa makro memiliki ukuran fokus yang panjang, kamera ini menggunakan desain sudut lebar 24mm yang membantu menghadirkan lebih banyak detail dari area di sekitar subjek. Venus Optics Laowa menyebutnya tampilan "mata serangga".

Venus Optics Laowa/ Foto: futurecdn.net

Apertur f / 14 berarti berkurangnya jumlah cahaya yang mengenai sensor, tetapi tim "pakar fotografi dan penggemar industri" yang membuat lensa ini telah mengatasi kendala dengan memasukkan lampu cincin LED di ujung laras untuk mencerahkan subjek dan area di sekitarnya.

Ini semua membantu mengeluarkan detail latar belakang yang dihasilkan dari meningkatnya kedalaman bidang yang disediakan apertur.

Hasil Venus Optics Laowa/ Foto: cloudfront.net

Baik untuk video dan foto, dilansir dari halaman Kickstarter Laowa menyarankan banyak peluang penggunaan untuk fotografer pemula.

Majalah tersebut juga menyajikan contoh materi untuk memberi gagasan yang lebih jelas tentang kemampuan lensa.

Venus Optics Laowa yang berbasis di China telah merilis sejumlah lensa selama bertahun-tahun, tetapi inilah yang terlihat paling tidak biasa hingga saat ini.

Memang, perusahaan itu sendiri menggambarkannya sebagai "lensa paling unik yang pernah ada."

Hasil Venus Optics Laowa/ Foto: cloudfront.net

Sebenarnya, kunci utama untuk membidik secara jitu adalah dengan mengarahkan sinar cahaya LED pada suatu sudut dari belakang.

Hal yang perlu diperhatikan di sini yaitu, sudut cahaya LED. Memang sulit menemukan sudut dimana adanya kilasan cahaya muncul. Yaitu titik cahaya yang tampak seperti bintang berkilau di dekat subjek.

Apabila menyangkut soal memotret benda hidup, kesabaran adalah satu-satunya cara untuk menghasilkan bidikan yang dibayangkan di benak fotografer.

Terkadang, untuk menghasilkan bidikan sempurna, fotografer rela menunggu dengan sabar selama 6 jam lebih demi menangkap gambar semut yang menghampiri tetesan air.

Tulisan ini dibuat oleh tim PEWEFEED.COM dari berbagai sumber
ARTIKEL TERBARU LAINNYA