DRAMA

Joker Raih Golden Lion Hingga Income USD 1 Miliar

2019-11-20 • 853 Melihat • 22 Menyukai • 22 Komentar • 7 Kuis

Film Joker yang sempat menghebohkan akhirnya meraih prestasi gemilang lagi. Joker menjadi film dewasa pertama yang meraup pendapatan hingga US$ 1 miliar. Film yang tayang perdana di Indonesia pada 2 Oktober lalu ini adalah cerita seru berdasarkan karakter Joker di komik karya DC Comics. Sebelum dikabarkan mengantongi pendapatan hingga USD 1 miliar, film Joker sudah berhasil meraih penghargaan Singa Emas.

Singa Emas adalah penghargaan utama di Festival Film Venice. Penghargaan yang diberi nama Golden Lion ini adalah penghargaan yang diadakan setiap tahun dan dipilih oleh juri Internasional. Juri Internasional ini terdiri dari sutradara terkenal, aktor, produser, penulis, dan insan industri kreatif lainnya. Dan film Joker berhasil meraih penghargaan utama ini untuk tahun 2019. 

Todd Philips dan Joaquin Phoenix/ Foto: wordpress.com

Film Joker adalah salah satu film terlaris sepanjang masa. Selain Golden Lion, Joker juga meraih rekor film dewasa pertama yang tembus USD 1 miliar. Film garapan Todd Phillips ini meraup lebih dari USD 1 miliar atau tepatnya $1.018.302.982  yang dilansir dari BBC. $696 juta pendapatan itu diraih dari penayangan internasional dan $322 juta berasal dari penayangan domestik. Secara internasional, pendapatan terbesar Joker berasal dari United Kingdom dengan $68,3 juta. Joker meraih $13,8 juta dari penayangan di Indonesia.

Film yang diperankan oleh Joaquin Phoenix ini menduduki peringkat ke-44 film terlaris dari semua kategori. Posisi pertama diduduki Avengers : Endgame dengan $2,79 miliar dan Avatar dengan $2,78 miliar.

Dilansir dari Variety, Joker juga menjadi film terlaris ketujuh yang rilis tahun 2019 dengan pemasukan fantastis pada 15 November lalu. Selain itu, film ini adalah film ketujuh garapan Warner Bros yang berhasil mencetak sejarah tersebut.

Joker/ Foto: bbci.co.uk

Film Joker menceritakan tentang seorang pria bernama Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) yang berprofesi sebagai badut di Kota Gotham. Karena mengingat nasehat sang Ibu untuk selalu membuat orang lain tertawa. Namun lambat laun Arthur merasa selalu mendapat nasib sial. Entah karena penyakitnya yang bisa tertawa terbahak-bahak dalam waktu lama tanpa alasan yang jelas, atau justru karena faktor eksternal. Hal ini akhirnya membuat Fleck berubah menjadi sosok Joker yang merupakan simbol perlawanan.

Kesuksesan film Joker tentu tidak terlepas dari kepiawaian berakting tokoh utama. Joaquin Phoenix adalah aktor yang dinilai berhasil memerankan tokoh utama Arthur Fleck alias Joker. Bahkan banyak yang berharap aktor 45 tahun ini mendapatkan piala Oscar. Namun sayangnya Phoenix mengatakan jika dirinya tidak akan terlibat lagi jika Joker membuat sequel.

Selain Joaquin Phoenix, aktor lain yang ikut mensukseskan film ini adalah Zazie Beetz, Shea Whigham, Robert De Niro, Frances Conroy, dan masih banyak lagi.

Tulisan ini dibuat oleh tim PEWEFEED.COM dari berbagai sumber
ARTIKEL TERBARU LAINNYA